• Sat. Oct 31st, 2020

problogi.com

problogi Blog

Tips Sederhana Membuat Surat Undangan Acara Aqiqah yang Baik

Byadmin

Oct 16, 2020

Contoh surat undangan untuk acara tasyakur seperti aqiqah memang bisa dengan mudah Anda temukan di internet. Lantas apakah contoh tersebut sudah benar-benar sesuai dengan kriteria penulisan yang baik. Atau sudahkah contoh tersebut mampu memberikan kesan kepada penerima? Untuk itu, tak ada salahnya Anda menyimak tips membuat surat undangan aqiqah berikut

https://www.suratresmi.net/

Kriteria Penulisan Undangan Aqiqah yang Berkesan

Pada dasarnya, undangan semacam ini bisa saja bersifat non-formal yang artinya tidak terikat dengan kriterai atau ketentuan apapun selama itu mampu menyampaikan maksud dan tujuan pengirim. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada contoh surat lamaran tersebut agar dapat meninggalkan kesan yang baik dan penerima bersedia meluangkan waktu untuk hadir ke undangan.

Ya, surat undangan seperti ini memang bertujuan agar penerima bersedia untuk hadir ke acara aqiqah yang diadakan pengirim. Agar undangan tersebut meninggalkan kesan dan tanggal waktu acara diingat oleh penerima, sudah seharusnya pengirim membuat surat undangan yang baik dan berkesan. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa digunakan pada undangan tersebut diantaranya;

Struktur surat undangan meliputi pembuka, isi dan penutup agar penerima lebih mudah mencerna informasi inti yang dituliskan.

Penggunaan kalimat yang jelas dan tidak berbelit-belit agar penerima surat undangan lebih fokus dalam membacanya.

Menggunakan salam pembuka seperti ucapan salam, menggunakan tulisan seperti Assalamualaikum, Bismillah, Alhamdulillah dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit dalil tentang aqiqah. Hindari penulisan detail ini dalam aksara Alquran melainkan dengan huruf alfabet saja.

Menuliskan raya syukur atas kelahiran bayi serta harapan dan doa yang baik atas anak tersebut.

Jangan lupa pula untuk mencantumkan informasi penting seperti;

  • nama anak
  • tanggal lahir anak
  • nama orang tua anak
  • waktu dan tempat acara

Anda juga boleh saja menambahkan foto bayi pada undangan tersebut. Namun demikian, ada pula yang tidak melakukan ini untuk menghindari munculnya penyakit ain. Selebihnya, penggunaan foto ini bersifat opsional saja alias tidak harus digunakan pada surat undangan aqiqah.

Pada bagian penutup sampaikan pula harapan agar penerima surat undangan tersebut bersedia untuk hadir ke acara aqiqah yang diadakan.

Demikianlah beberapa tips membuat surat undangan acara aqiqah yang bisa Anda terapkan pada contoh surat yang Anda jadikan sebagai acuan. Dengan demikian, surat undangan Anda akan lebih diperhatikan dan peluang calon tamu undangan untuk hadir menjadi lebih tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *